-->

Breaking

Saturday 18 June 2016

Gejala dan Pengobtan Hiprtiroid

Gejala dan Pengobtan Hiprtiroid

Apa itu Hipertiroid ?

Pengertian hipertiroid adalah kelainan pada kelenjar tiroid dalam produksi hormon tiroid. Produksi hormon tiroid pada hipertiroidsme lebih banyak dibandingkan dalam keadaan normalnya. Hal ini mengakibatkan hormon tiroid yang mengalir dalam darah melewati batas normal serta kebutuhan tubuh terhadap energi. Pada keadaan hipertiroidsme, terdapat lebih banyak hormon tiroid yang akan meningkatkan tingkat metabolisme basal (BMR) seseorang sehingga suhu tubuh akan lebih panas. Seseorang yang dengan hipertiroidisme akan memiliki suhu tubuh lebih hangat dibading orang normal dan lebih cepat resah serta emosi yang tidak stabil dikarenakan sensitifitas yang semakin tinggi akibat pengaruh tiroid dan energi pada sistem saraf.
Penderita hipertiroid akan mengalami kehilangan berat badan, akan tetapi nafsu makan pun akan meningkat sehingga efeknya tidak akan terlihat jelas pada penderita yang mapan. Gejala yang lainnya adalah buang air besar bertambah sering serta laju jantung yang meningkat. Pada saat tidur, penderita hipertiroidisme akan merasakan detak jantungnya berdetak kencang.
Salah satu yang dapat menyebabkan hipertiroidisme adalah penyakit graves. Penyakit ini merupakan gangguan terhadap sistem imun sehingga sistem imun akan menyerang tubuh sendiri dan mengikatkan diri ke reseptor TSH pada tiroid. Hal ini dapat menyebabkan produksi hormon tiroid lebih banyak. Keadaan yang dapat terjadi setelah terjadinya hipertiroidisme adalah gondok. Gondok adalah terjadinya peningkatan ukuran tiroid yang ditimbulkan karena tiroid bekerja terlalu berat sehingga akan tampak pengembungan pada leher dekat kerongkongan. Selain itu, mata akan lebih menonjol keluar dikarenakan akumulasi mukopolisakarida pada kelopak mata.
 
Gejala Hipertiroid
Sangat penting untuk kita mengetahui gejala penyakit hipertiroid, karena dengan mengetahui gejalanya kita dapat melakukan penanganan sejak dini sehingga terhindar dari resiko lebih berat dari hiperteroid. 
Berikut beberapa gejala yang harus di wapadai :
  • Sering merasa gelisah atau agitasi.
  • Emosi yang kurang stabil.
  • Mengalami susah tidur atau insomnia
  • Jantung yang sering berdebar cepat tidak seperti biasanya.
  • Merasa gugup dan lebih cepat lelah.
  • Rambut rontok.
  • Sering mengeluarkan keringat.
  • Berat badan turun meskipun Anda makan dengan porsi yang tetap bahkan lebih banyak.
  • Buang air besar lebih banyak atau diare.
  • Bola mata menonjol seperti mata membengkak ataupun kelopak mata turun.
  • Pada wanita, haid tidak teratur.
Cara mengobati hipertiroid dengan ramuan herbal :
  • Cara mengobati hipertiroid dengan buah mengkudu
Buah mengkudu bersifat antidiabetes (hipoglikemik). mengkudu juga berkhasiat sebagai antitetanus, antiseptic, antiinflamasi, obat disentri, dan obat diare. tanaman yang popular dengan sebutan pace ini juga dapat menurunkan demam (antipiretik), peluruh air seni (diuretic), serta berefek laksatif. Dengan mengkonsumsi buah mengkudu juga dapat meringankan penyakit asma, reumatik dan hipertiroid. Menurut peneletian yang di lakukan oleh UGM, daging buah pace atau mengkudu menunjukan tendensi penambahan kepekaan  terhadap efek adrenalin, serta mampu menghambat efek norarenalin pada jantung. Untuk pengobatan menggunakan buah mengkudu dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi nya secara langsung. Selain itu bisa juga dengan membuat buah mengkudu sebagai jus.
  • Cara mengobati hipertiroid dengan ciplukan
Tanaman ciplukan berasal dari Peru, tanaman ini tumbuh di ladang atau lahan kosong. Buahnya bulat tertutup dalam kantong mirip lampion. Sekilas bentuknya persis kantong kemih.
Itulah sebabnya ia diberi nama ilmiah Physalis peruviana. Dalam bahasa Yunani physalis berarti kantong kemih. Cara membuat obat hipertiroid, cabut 3 tanaman ciplukan yang memiliki tinggi rata-rata 50 cm beserta akarnya. Kemudian, cuci bersih dan rebus ke-3 tanaman itu, termasuk buah dan akar, dalam 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Minum segelas ramuan itu 1 kali sehari. 

Nah begitulah kira-kira pengertian gejala dan pengobatan secara tradisional mengenai hipertiroid, apabila ada kesalahan mohon maaf yg sebesar-besarnya. silahkan dishare semoga ada manfaatnya.

".
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact